Turnamen Al-Nakbah Bukan Turnamen Kacangan

Keputusan PSSI untuk berpartisipasi dalam Turnamen Al Nakbah di Palestina mengundang banyak pro dan kontra. Selain turnamen tersebut bukan agenda resmi FIFA, keputusan PSSI yang mengirimkan timnas senior dalam turnamen tersebut juga dicibir banyak pihak. Alasannya, lawan-lawan dalam turnamen tersebut malah mengirimkan timnas junior, mulai U19 hingga U23. Ibaratnya, lawan tanding timnas senior hanya sekedar remaja. Menang tak dapat apresiasi, kalah tambah dicaci. Benarkah negara-negara yang berpartisipasi dalam turnamen tersebut hanya mengirimkan timnas junior?

Pendapat tersebut hanyalah sekedar akal-akalan beberapa pihak yang tidak senang dengan langkah-langkah PSSI. Buktinya, beberapa negara yang peringkatnya diatas Indonesia, malah mengirimkan timnas senior mereka. Berikut daftar negara peserta dan timnas yang dikirim:

Tunisia – Peringkat FIFA 57 – Senior

Uzbekistan – Peringkat FIFA 69 – Senior

Iraq – Peringkat FIFA 70 – Senior

Jordania – Peringkat FIFA 81 – U22

Vietnam – Peringkat FIFA 97 – U19

Indonesia – Peringkat FIFA 151 – Senior

Palestina – Peringkat FIFA 153 – Senior

Sri Lanka – Peringkat FIFA 181 – Senior

Pakistan – Peringkat FIFA 182 – U22

Mauritania – Peringkat FIFA 202 – Senior
Beberapa media hanya menyoroti keikutsertaan timnas U-19 Vietnam dan U-22 Pakistan, sementara kiprah negara-negara lain yang mengirimkan timnas seniornya luput dari pemberitaan.

Memang, adalah hak dari setiap federasi negara yang bersangkutan untuk mengirimkan timnas junior atau senior mereka, tergantung proyeksi dan tujuan yang ingin dicapai ketika mengikuti turnamen ini. Vietnam mengirimkan timnas junior sebagai proyeksi Sea Games 2013. Sementara Pakistan mengirimkan tim junior mereka sebagai landasan pada AFC Cup U-22. PSSI sendiri sudah menyatakan pengiriman timnas senior sebagai ajang uji coba dan proyeksi pada Piala AFF akhir tahun nanti.

Lantas, mengapa PSSI tidak mengirimkan timnas U-22? Padahal agenda terdekat adalah kualifikasi AFC Cup U-22 di Riau. Timnas U-22 sudah dijadwalkan untuk bertanding melawan Inter Milan dalam laga Ekshibisi di Gelora Bung Karno, dan selanjutnya akan menjalani TC dan uji coba melawan beberapa klub di Australia. Sedangkan timnas senior, selain beruji coba dengan beberapa klub lokal, salah satu yang sudah diagendakan PSSI adalah mengikuti Turnamen Al Nakbah ini.

Pihak panitia turnamen ini juga sudah mengundang sekitar 600 jurnalis olahraga internasional. Dan acara pembukaan direncanakan akan dihadiri oleh beberapa pejabat FIFA. Tahun lalu, Presiden FIFA Sepp Blatter membuka turnamen ini.

Jadi, bisa dilihat turnamen ini bukan sekedar turnamen asal-asalan. Kita harapkan, selain menimba pengalaman dan mematangkan teknik strategi, timnas Indonesia bisa meraih prestasi

sumber : http://olahraga.kompasiana.com/bola/2012/05/04/turnamen-al-nakbah-bukan-turnamen-kacangan/

Perihal ighoen
jadikan hidup lebih bermanfaat menuju akhirat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: