Pentingnya Sarapan Telur

Sarapan dengan menu telur ternyata bisa menjaga berat badan Anda. Selain itu sarapan dengan menu telur juga bisa mengurangi rasa lapar dan mencegah makan berlebih saat siang hari. (foto: static.flickr)

Sarapan dengan menu telur ternyata bisa menjaga berat badan Anda. Selain itu sarapan dengan menu telur juga bisa mengurangi rasa lapar dan mencegah makan berlebih saat siang hari. (foto: static.flickr)

Memilih telur sebagai menu sarapan pagi ternyata memberi manfaat lebih bagi mereka yang menjalani program diet. Sarapan telur setiap hari dapat mengurangi rasa lapar dan menurunkan asupan kalori saat makan siang dan bahkan selama seharian.

Studi terbaru para ahli di Universitas Connecticut menyatakan, pria yang menyantap sarapan berbahan telur ternyata mengasup lebih sedikit kalori ketika disuguhi beragam menu makan siang. Hal berbeda ditunjukkan para pria yang menyantap roti bagel kaya karbohidrat yang bernilai kalori sama dengan hidangan telur.

Hasil studi yang dipublikasikan dalam edisi terbaru jurnal Nutrition Research ini mendukung riset sebelumnya, yang menyatakan santapan telur saat sarapan pagi merupakan salah satu cara diet membatasi kalori.

Mereka yang kelebihan berat badan mampu memangkas 65 persen bobotnya setelah menjalani diet ini dan mereka lebih enerjik ketimbang mereka yang memilih roti bagel.

“Semakin banyak bukti yang mendukung pentingnya protein berkualitas tinggi bagi kesehatan secara umum dan khususnya protein saat sarapan. Kami menguji dua jenis sarapan orang Amerika, dan laporan para partisipan tentang penilaian mereka menunjukkan bahwa sarapan yang kaya protein dapat menunda lapar,” ujar Dr. Maria Luz Fernandez, penulis riset dan profesor dari Departmen Ilmu Nutrisi Universitas Connecticut.

“Mengawali hari dengan sarapan protein berkualitas tinggi seperti telur adalah cara yang hebat untuk mempertahankan rasa kenyang dan menurunkan asupan kalori. Dengan hanya 70 kalori, telur adalah makanan yang padat dan sumber protein berkualitas tinggi. Dan sekitar setengah dari protein telur dengan beragam nutrien yang dikandungnya, terdapat pada kuning telur. Oleh sebab itu, saya selalu menyarankan untuk menyantap telur dengan kuningnya, ” ujar Helenbeth Reynolds, salah seorang konsultan diet dan nutrisi.

Memang, telur mengandung protein yang bisa digunakan sebagai cadangan energi apabila cadangan lemak dan karbohidrat dalam tubuh sudah habis. Protein juga bisa merangsang produksi enzim yang bisa membantu kontraksi otot dan kegiatan sel lain.

Namun demikian, sarapan yang baik adalah sarapan yang mengandung karbphidrat, serat, vitamin, mineral dan tidak terlalu banyak lemak. (suaramedia)

Perihal ighoen
jadikan hidup lebih bermanfaat menuju akhirat

2 Responses to Pentingnya Sarapan Telur

  1. agengindra mengatakan:

    thanks infonya, kunjungi balik ya!🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: