Remaja Indonesia Perebutkan Tempat Nike Academy Ke Inggris

Oleh Agung Harsya (goal)

Ruang Ganti Pemain Tim Nasional Indonesia (GOAL.com / Nike)

Ruang Ganti Pemain Tim Nasional Indonesia (GOAL.com / Nike)

Muhammad Guntur Triaji menjadi pemenang Nike The Chance, sebuah program pencarian bakat out of system, dalam tahap final seleksi Indonesia di Jakarta, Kamis (23/9).

Ketua panel pelatih, Rahmad Darmawan, mengatakan butuh voting dari tim yang antara lain beranggotakan Patar Tambunan dan Aji Ridwan Mas untuk memilih pemenang Nike The Chance dari 30 peserta lainnya. Berkat keberhasilan itu, Guntur berhak mengikuti seleksi tingkat internasional di Inggris Januari tahun depan. Pemenang dari seleksi internasional akan mengikuti pelatihan penuh di Nike Academy mulai Juli 2011.

Sebagai bagian dari kampanye global, Nike Indonesia berupaya menemukan bakat amatir Indonesia yang belum terasah di klub manapun atau “out of system”. Kebanyakan pemain sepakbola profesional top dunia memang memulai karier sejak dini, namun ada pula yang menjadi antitesis. Contohnya, Didier Drogba, yang sekarang menjadi mesin gol Chelsea, adalah pemain yang terbilang terlambat memulai karier profesional. “Inti dari kegiatan ini adalah membantu youth development program di Indonesia. Program in memberi kesempatan supaya pemain berbakat bisa menonjol,” papar Marketing Manager Nike Indonesia, Dyah Oetari.

“The Chance merupakan bagian dari kampanye Write The Future, artinya setiap pemain memiliki tanggung jawab untuk mengukir masa depannya.”

Seleksi yang digelar di Surabaya dan Jakarta diikuti hampir 400 peserta dengan rentang usia 17-24 tahun. Dari jumlah tersebut, didapat 30 orang peserta tahap kedua yang bersaing memperebutkan 18 tempat di tahap final. Ke-30 peserta menghuni training camp dan karantina di Jakarta sebelum mengikuti seleksi final Kamis ini.

Proses seleksi mengukur kemampuan teknik pemain, mental saat berlatih, dan tingkat kebugaran. Dalam seleksi final, 18 pemain Nike The Chance diadu tanding dengan tim dari Universitas Negeri Jakarta. Pertandingan dimenangkan Nike The Chance 2-1.

Segera setelah pertandingan eksebisi tersebut, panel pelatih memilih memberangkatkan Guntur, remaja 17 tahun yang besar di Bandar Lampung, ke London. Nantinya, Guntur akan bersaing dengan 99 peserta lain dari 39 negara di luar Indonesia untuk memperebutkan satu tempat di Nike Academy yang bekerja sama dengan klub top Liga Primer Inggris, Arsenal.

Perihal ighoen
jadikan hidup lebih bermanfaat menuju akhirat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: