Mengapa Sulit Ambil Keputusan Saat Gelisah

 

VIVAnews – Anda sering sulit mengambil keputusan saat gelisah? Menurut Yuko Munakata, profesor psikologi dari University of Colorado, Amerika Serikat seseorang yang gelisah akan mengalami penurunan neural inhibition yang menyebabkan pembuatan keputusan menjadi makin sulit.

Neural inhibition adalah proses yang terjadi ketika salah satu sel saraf menekan aktivitas sel saraf lainnya. Hal ini merupakan aspek kritis yang memengaruhi seseorang dalam pengambilan keputusan.

“Banyak potongan-potongan informasi di dalam pikiran. Kami ingin mengetahui bagaimana semua informasi saling berhubungan dan memicu seseorang sulit mengambil keputusan,” kata Munakata seperti dikutip dari Times Of India.

Para ahli juga menemukan, jika jumlah hambatan dalam simulasi otak ditingkatkan, maka sistem akan jauh lebih baik dalam membuat pilihan yang sulit. “Jika kita mengalami penurunan inhibisi di otak, maka pilihan itu membuat simulasi menjadi jauh lebih sulit,” kata Hannah Snyder, salah satu peneliti.

Obat-obatan tertentu yang meningkatkan penghambatan saraf saat ini digunakan untuk mengobati gejala gangguan kecemasan emosional. Temuan ini menunjukkan, obat tersebut juga dapat membantu orang-orang yang menderita kesulitan, dan merasa cemas dalam memilih sesuatu di antara terlalu banyak pilihan.

• VIVAnews

Perihal ighoen
jadikan hidup lebih bermanfaat menuju akhirat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: